Selasa, 04 Oktober 2011

Antara Opak dan Donat

Hari ini saya mau ngomongin tentang makanan yang diberikan ibu kost saya. Namanya opak kelontong. Apa itu opak?. Sebelumnya saya mau jelasin kata tante wiki (Opak adalah makanan khas Sunda daerah Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras). Opak kelontong itu opak yang super gede dan super cute. warnanya pink, rasanya manis. dari perkiraan saya opak ini mengandung tepung beras. karena ketika menggigit ada sensasi beras dan cita rasa manis. mantap banget kata-kata gw. mungkin untuk orang bandung (baca: SUNDA), opak merupakan makanan yang biasa, tapi buat saya opak merupakan makanan yang diperkenalkan oleh si euis, anaknya abah dari sinetron Keluarga Cemara. Dulu waktu si eus masih seumuran saya dia suka menjual opak. opak...opak..., begitulah akting si euis.

Opak Cute

Saat ini opak udah tergeser dari peredaran makanan, digantikan dengan maichi, sableg, basreg, dll. tapi ini masih mending dibanding dengan makanan jepang dan west yang menjajah kembali pasar kita. yakiniku, sushi, tempura, lebih laris dibanding kue putu, onde-onde, dodol, dll. What's going On?? ternyata selera lidah anak muda dan gaul seperti saya ini lebih memilih makanan keren plus bahan pengawet daripada jajanan pasar alami. secara gw keren gitu.

Percakapan antara anak gaul dan anak aalay:
nak alay: makan apa lu?
nak gaul: donat.
nak alay: yah alay lu, donat mah makan kampung.
nak gaul: sorry, in donat nya star**ck. beda ma donat lu, yang mesisnya pelangi.
nak alay: sama-sama donat juga... bedanya toppingnya doank.
nak gaul: tapi donat gw ga alay. ga gEd3 k3c!l gitu ukurannya.
nak alay: ALAY lu....

dari percakapan diatas, kita dapat menyimpulkan:
1. Nak gaul lebih memilih merek donat. karena nak alay dan gaul sebenarnya makan makanan yang sama, donat.
2. Jajanan pasar kita harus lebih kreatif dan inovatif dalam rasa. kalo star**ck membuat donat dengan toping coklat, keju, kacang, dll. Kita buat inovasi donat dengan toping rendang, donat topping soto ayam, atau donat topping sambel terapi. dijamin, pasaran donat ini masuk disemua kalanga.
3. Jangan tinggalkan makan tradisional kita. Hidup Opak...
4. Jaga kesehatan. karena sekarang sedang musim sakit disamping musim penghujan.

sekian dulu postingan dari saya, lebih dan lebaynya mohon dikurangi, dan kurangnya mohon ditambal.
See ya..

7 komentar:

  1. rasanya bagaimana itu ?
    rasa donat kah ?
    #erghhh

    BalasHapus
  2. @ uchank: rasa opak. rasa manis. karena hidup banyak rasa

    BalasHapus
  3. HIhi.. kalo opak disini malah makanan kayak kerupuk dari singkong.

    BalasHapus
  4. donat dengan topping soto ?! o.O gak bisa ngebayangin itu gimana bentuk dan rasanya .. hahaha

    BalasHapus
  5. oh iya sob secara td agak2 flas back tentang sinetron Keluarga Cemara,,tentang si euis yg jual opak,,oh ya sob skalian izin follow kalo berkenan di follow balik,,salam sahabat sob

    BalasHapus
  6. tapi rasanya enakkan mana ni,,,??
    bole coba ngga? #eaaa

    BalasHapus

kiritik, saran, coklat, komik, dan sumbangan dana diterima kok