Kamis, 03 November 2011

PR SEKOLAH DASAR


Untuk pertama kalinya gw dikasih PR blog. Nah PR ini temanya masa Sekolah Dasar. Yang nyaranin (baca: NYURUH) buat PR blog adalah teh Tutut. Tujuan dari PR Blog ini katanya sih untuk menjalin silaturahim dan update blog. So, this my story.

FlashBack
Saya dulunya bersekolah di SD. Inp. Mallengkeri Bertingkat I, sekolah sederhana, bersahaja, dan sangat tentram.  Awal bersekolah, saya tidak seperti anak yang lain, yang tiap hari diantar ma orang tuanya untuk ke sekolah dan nungguin sampai pulang sekolah. Saya diantar ke sekolah cuma pas pendaftaran sekolah doang, dan itu pun bukan ma orang tua gw, tapi ma kakak dan sepupu. Great. Setelah pendaftaran saya sudah tidak di antar ke sekolah, emang beda tipis antara memandirikan anak dan menelantarkan anak.
Hari pertama bersekolah, saya jalan kaki ke sekolah yang jaraknya lumayan jauh. cuma pas pendaftaran doank gw ke sekolah naik becak. miris. Hari pertama sekolah, temen-temen yang lain sudah punya teman tk nya masing-masing yang udah duduk sebangku. so sweet. karena gw gak pernah TK jadi gw ga punya teman TK. ada juga yang baru hari pertama sekolah, orang tua mereka menjodohkan anak-anaknya untuk duduk bersama, padahal mereka belum muhrim. Yasudah, karena gw datang sendirian, akhirnya gw masuk dan melihat bangku kosong bangku ke empat dari depan dekat jendela. kenapa gw ingat bangku tersebut? karena bangku ini adalah saksi dimana gw mempermalukan diri gw sendiri di hari pertama bersekolah. 
Ceritanya gw udah menuju bangku ke empat itu, nah disitu sudah ada 1 orang duduk. 1 bangku duduknya 2 orang. Namanya sandi. Sandi itu memiliki kelainan fisik. tangan sebelah kirinya lebih kecil, bawaan lahir. Yaudah gw duduk dengan tenang. Kelas dimulai dari jam 7 sampai jam 10 pagi. Nah, sejam pertama biasa kami belajar Ini Budi, Ini Ibu Budi, pokonya belajar keluarganya Budi. Setelah itu kami diajarkan menjadi penjual buah, dari ngitung jeruk ampe jumlah mangga. Yaudah pokoknya pelajaran menyenang sampe 30 menit terakhir sebelum pulang. GW KEBELET PIPIS. KEBELET PIPIS. YA TUHAN. gw ga tau bagaimana cara minta izin ke guru untuk pipis, gw belum pernah diajarin. gw gak pernah TK. sambil merangkai kata dalam hati untuk minta izin ke kamar mandi, gw merasakan ada yang hangat hangat di betis gw, gw liat ternyata gw udah PIPIS. Kebanyakan mikir gw. GW PIPIS CELANA YA ALLAH. Daripada gw tahan-tahan, jadi gw lepaskan semuanya. dan alhasil bawah bangku gw kayak ketumpahan jus jeruk. kuning bening pesing.
Pas gw shok gitu, tau gw pipis celana, tiba-tiba sebuah tangan mungil memberikan sapu tangannya untuk gw. sapu tanganya sandi. Bukan untuk menyeka air mata, karena gw ga nangis. tapi untuk ngelap tumpahan pipis gw di bawah bangku. Sapu tangan yang awalnya putih itu kini ternoda dan menjadi kuning. Indah nya persahabatan yang dimulai dari sapu tangan berbau pesing itu.
Awalnya sih guru gw ga nyadarin keberadaan gw yang udah panic at disco itu, sampai teman-teman yang lain ribut, dan mata guru gw tertuju pada leberan pipis gw. guru gw nyamperin gw, bertanya dengan lembutnya.
Guru gw:  itu air apa mad?
Gw: saya pipis bu.
Guru gw: Kenapa tidak minta izin keluar?
Gw: saya ga tau caranya, bu.
Oiya, nama guru gw itu ibu hadari, namanya sesuai wajah cantiknya bagai bidadari. Setelah itu guru gw ninggalin gw dan menuju kedepan kelas, dan memberikan pengarahan kepada semua murid di kelas bagaimana cara minta izin untuk ke kamar mandi. gw yakin pasti ada juga tuh bocah yang udah nahan pipis kayak gw, tapi ga tau cara minta izin da dia berhasil nahan, sementara gw kebablasan. itulah salah satu pengalaman paling memalukan selama SD gw.
Setelah sekian tahun lamanya, mukanya berubah semua. Tapi gw tetap yang paling cakep. :P
Kiri ke Kanan: Astin, Gw, Nia, Rengking I itu (Ria), Yusril, Nisma, Dan Yuda.

Guru Favorit
guru favorit gw itu adalah guru wali kelas 5 dan 6 namanya Ibu Surajinem. Ibu ini sangat sangat baik. Karena gw dulu terhitung murid cowok terpintardan tercakep di sekolah, gw sering mendapatkan kepercayaan untuk mewakili lomba sekolah. sombong mode:ON. Kenapa guru ii menjadi favorit gw, karena ibu ini selalu memacu kita untuk membaca lebih banyak dan belajar lebih banyak. sering memberikan kuis siapa cepat dia dapat, kuis siapa cepet dia pulang cepet. gw sering pulang paling awal, karena gw sering ngejawab paling pertama. tapi ujung-ujungnya tetep aja nungguin teman buat pulang. Ibu surajinem ini bukan menyampaikan pelajaran, tapi ibu ini mengajarakan pelajaran dengan hati. saya sangat merasa mendapatkan ilmu yang diberikan dengan tulus dan sepenuh hati. bukan dari segi materi, tapi dari segi kepedulian terhadap pendidikan. Samapai sekarang saya tetap rajin untuk berkunjung ke rumah ibu ini, untuk bersilaturahmi dan meminta nasihat baik kehiduapan dan pendidikan, bahkan percintaan.

Guru Killer
guru terkiller adalah ibu delima. Ibu ini suka menjadi mimpi buruk gw, ibu ini sebenarnya cuma ngajar gw 2 kali doank sebagai pengganti ibu hadari sewaktu ga masuk.  Trauma yang diberikan ibu itu mungkin masih teringat sampai sekarang buat semua teman kelas gw. Iu itu berperawakan gendut dan berambut pendek geriting, layaknya ibu -ibu yang suka menganiyaya anaknya. Mulai dari pemeriksaan kuku, sampai latihan membaca di depannya. semua mimpi buruk. tapi kalo gw ketemu sekarang, ibu itu ternyata sudah baik. what?? Ibu itu sebenarnya baik, mungkin cuma karakter yang diperankannya saat itu yang membuat dia menjadi serem. hihihi.

Teman Duduk. Sahabat gw nih.
Syahrul a.k.a Sapidol
Teman duduk saya berubah ubah dari kelas 1 sampai kelas 3, akhirnya gw menetap sama satu hati. apa coba. Teman duduk saya dari kelas 3 itu adalah Syahrul Sanusi. Anak yang genius dalam matematika. Gw dulu sering ngatain syahrul ini sapi, dan itu menjadi trademark dia. semua anak kelas manggil dia sapi dan gw tomat. wtf. yaudah, syahrul dan gw tuh sering saingan dalam segala hal, tapi ga pernah ngelampauin gw. HAHAHA. syahrul dan saya sering memiliki permainan yang cuma kami mengerti dan kalo ada anak-anak lainnya yang ingin ikut bermain, mereka bakalan menyerah dan mengundurkan diri dari permainan kami. sebut saja mainan menuliskan satu kata tapi hruf-huruf itu digabung menjadi suatu bentuk yang mungkin sebagian orang belum bisa membacanya, tapi kami bisa.



Teman Bolos
Maaf saya tidak pernah bolos. Saya siswa teladan.

Teman Berantem
Kalo berantem, gw belum pernah secara fisik, tapi kalo sejenis harrasment pernah gw alami. Namanya A.Astin Fauzari, dia pernah ngeludahin gw di kepala. how could it be. Yaudah, gw nangis dan teman gw ngelaporin ke kakak gw yang satu sekolahan. Dan bener aja, kakak gw malah yang ngebalas perbuatan astin, dia ngeludahan astin dikepala karena tawaran untuk ngeludahin kepalanya astin yang ditawarin kakak gw, gw tolak.

Teman Pulang
Teman pulang gw itu adalah sandi dan beberapa cewe-cewe lainnya. karna kami sejurusan rumah, dan saya udah berteman dengan sandi dari kelas 1, sejak peristiwa pipis itu.

Jajan Makanan Favorit
Mie rebus yang dulu harganya 500-an. dulu saya tidak mengerti istilah dalam perdagangan seperti harga gorengan yang seharga 1 setengah atau yg dulu ngetrendnya satuste. kayak bahasa jepang aja. gw baru ngeh, kalo satu setengah tu untuk menyebutkan 150 rupiah, hal itu gw tau pas ada teman gw yang beli ubi goreng dengan harga segitu, dan dia memberikan uang 150 rupiah, dan tanpa kembalian.

Jajan Mainan Favorit
Saya ga pernah beli mainan di sekolah, karena orang tua gw sering ngebeliin buku cerita kalo pulang kantor. gw ga pernah main layanan di sekolah sekalipun.

Permainan Favorit
Permainan favorit saya waktu sd adalah main boom, atau mungkin di tempat lain terkenalnya dengan nama jaga benteng. Gw adalah salah satu pelari terkuat, dan terlicin untuk di tangkap, karena badan gw kecil dan gw kayak curut larinya.

Fans Gw dari SD
Dari sd gw ternyata udah ngalamin cinta monyet, gw bukannya cinta lokasi, tapi gw cintanya rengkingan. rengking 1 dan rengking 3 di kelas gw kan cewe, nah dulu tuh gw suka dicengcengin ma rengking 3 itu, tapi namanya juga anak-anak jadi gw kegeeran dah dang emang kayaknya dia suka ma gw. tapi dulu gw ga tau suka atau kaguma aja ma rengking 1 itu. terjadilah cinta segitiga. <-----alaay banget.

Sepatu Andalan
Bata. Kenapa? karena tiap beli ada hadiahnya.

Tas Andalan
Tas yang menurut gw keren dan dipake ma kakak gw. secara kakak gw SD nya di Atirah, SD Kota. nah gw, sdnya di kampung. hahahaha.

Event Favorit
Lomba mewakili sekolah, atau main ke ruang kepala sekolah dan mengobrak abrik KIT model.

Akhirnya selesai dah PR yang dikasi Ibu Tutut. semoga dapat menginspirasi dan dapat nilai 100. Saya tidak mencantumkan sehelai foto SD pun disini karena, semua data dan foto SD saya ada di makassar dan tidak ada yang berbentuk digital. Maaf yah.

8 komentar:

  1. Hahaha.kok berantem itu diperkecil?
    saya tauk mat kau jagoan !
    hahaha
    Sial ! saya lupa masa-masa SD !

    BalasHapus
  2. @Uchank: Amnesia ko sama masa SD mu?

    BalasHapus
  3. aissshh masih ada temen-temen SD? gue baru kelas 2 SMA aja temen SDnya udah pada ilang entah kemana.. suraamm -__-

    BalasHapus
  4. @Ervina: iya donk masih ada. walaupun sempat beberapa waktu menghilang juga, akhirnya gw nemu mereka satu persatu. lol.

    BalasHapus
  5. Anak pinterrr..prnya udah selesai ^_^
    ya udah, dapat 100 deh...hehehe
    ckckck..ahmad ndak tau caranya minta izin keluar kelas...qiqiqi

    BalasHapus
  6. @Mama Rani: kan dulu masih polos.

    BalasHapus
  7. ehhh... dia PRnya Sudah jadi,sayanya belum... ugghhh...
    *buruburu bikin PR, PR dari kampus*

    BalasHapus
  8. @Rara: gw kan anak yang rajin.

    BalasHapus

kiritik, saran, coklat, komik, dan sumbangan dana diterima kok